Selamat Datang di Media Online Alumni CPPN (Calon Pegawai Pencatat Nikah) Angkatan III Gelombang I di Jakarta Tahun 1996.

Selasa, 13 April 2010

Diklat CPPN Angkatan III Gelombang 1

Di Asrama Haji Pondok Gede Tahun 1996

Oleh: Abd Suud, S.Ag., M.S.I.

(Yogyakarta 2/4/10) Muhammad sebagai nabi yang dari bibir beliau tak pernah keluar kata-kata dusta, diriwayatkan pernah bersabda bahwa Silatur-Rahmi akan dapat memanjangkan umur seseorang, maka ketika kami perhatikan foto di samping, nampak benar sabda beliau itu, Masya Allah!

Memang hanya dua bulan diklat CPPN itu berlangsung, namun jalinan silaturrahmi yang terbangun selama diklat. Efeknya masih terasa hingga saat ini, yakni mereka semua masih terekam dalam ingatan sehingga seolah-olah mereka berada dekat dengan kita.
Ingatan itu menimbulkan kerinduan untuk menyambung kembali tali silaturrahmi yang selama ini terputus karena perbedaan waktu dan kendala geografis.

Karenanya lewat media ini kami membuka diri untuk berbagi cerita kembali dalam suasana kerinduan sebagai sebuah keluarga besar alumni Diklat CPPN khususnya Angkatan III Gelombang I.

Kami adalah Alumni Diklat CPPN Angkatan. III Gelombang I dari Yogyakarta yang keseluruhannya berjumlah 9 orang. Semenjak selesainya diklat yakni tahun 1996 kami berupaya untuk melestarikan jalinan silatur rahmi itu dalam sebuah wadah “Forum Silaturrahmi Keluarga Alumni Diklat CPPN Angk. III Gel. I.”

Atas rahmat Allah serta komitmen yang tinggi dari setiap anggota, dalam usianya yang ke 14 tahun Forum Komunikasi tersebut masih tetap eksis hingga saat ini.

Adapun agenda rutin kami adalah silaturrahmi 2 bulanan dengan tempat bergiliran diantara anggota, mulai dari 9 orang, meningkat menjadi 18 orang dengan hadirnya para istri, hingga saat ini silaturrahmi diikuti 34 orang.

Mengawal forum komunikasi dengan agenda pertemuan setiap 2 bulan sekali, hingga kini berusia 14 tahun bukan persoalan yang mudah. Apalagi akhir-akhir ini anggota telah disibukkan dengan tugas masing-masing sesuai dengan jabatan yang di sandangnya.

Namun, sekali lagi hanya atas rahmat Allah serta komitmen yang tinggi dari setiap anggota forum ini masih utuh.

Gambar diatas adalah logo forum komunikasi kami, yang berupa bunga teratai berjumlah 9 buah yang tergabung satu dengan yang lainnya membentuk satu lingkaran penuh.

Bunga teratai 9 buah menggambarkan jumlah kami yang sembilan orang, Drs. Syaifuddin, M.Ag. (Kab. Bantul), Nur Ahmad Ghojali, S.Ag. MA (Kota Yogyakarta), Haryadi Ibrahim, S.Ag, (Kab. Sleman), Eko Mardiono, S.Ag (Kab. Sleman), Nadhif, S.Ag. MSI (Kab. Bantul), Tarso, S.Ag (Kota Yogyakarta), Nuryanto Ruaidi, S.Ag, MA (Kab. Gunungkidul), Abd. Su’ud. MSI (Kab. Bantul) dan Drs. Is”adi Fatah Wijaya (Kab. Bantul).

Sambung menyambungnya bunga terairai adalah gambaran misi organisasi yaitu utuh dan kuatnya tali silaturrahmi diantara anggata yang hendak kami wujudkan.

Adapun silaturrhami diatas kami wujudkan dalam beberapa bentuk kegiatan diantaranya :
1. Silaturrahmi kepada keluarga besar anggota inti, yakni dengan cara hadir dan bertemu secara langsung di daerah asal anggota inti (Alumni Diklat CPPN), baik yang berasal dari Yogyakarta atau di luar Yogyakarta.

Sehingga kami telah sampai di Sidoarjo/Jatim, Tegal/Jateng, Rembang/Jateng, Gresik/Jatim, Cilacap/Jateng, Bojonegoro/Jatim dan Boyolali/Jateng.

2. Arisan/simpan pinjam bersamaan dengan pertemuan 2 bulanan

3. Rekreasi bersama keluarga ke Taman Buah Mekar Sari serta ke Taman Safari Bogor.

4. Memberikan atensi Sosial kepada anggota yang sedang mendapat cobaan atau sedang mendapatkan nikmat dari Allah.

5. Membentu unit usaha yang kami beri nama “Majlis al-Muntasyir” dengan spesialisasi pelayanan jasa penyediaan tenaga Qori’/Qori’ah untuk acara keagamaan, kursus baca tulis al-qur’an serta bank dai.

Unit usaha ini kami dirikan karena memeiliki peluang tak terbatas serta paling dekat dengan tugas di bidang urusan agama Islam.

6. Silaturrahmi kepada keluarga besar Istri anggota inti, dengan cara hadir dan bertemu secara langsung di daerah asal istri anggota inti. Untuk in baru di mulai dan baru 1 orang yaitu di Pemalang/Jateng.

Pada akhirnya kami mengundang kepada segenap Alumni Diklat CPPN Angkatan. III Gelombang I di mana pun anda berada untuk menyempatkan waktu mengunjungi blog yang kami siapkan untuk saling sapa dan tukar pengalaman di tempat tugas masing-masing.

Penulis : Abd. Su’ud, dalam foto 2 diatas berdiri deret pertama paling kanan, sekarang Ka KUA Kec. Pakualaman Kota Yogyakarta.

Tulisan Lain Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar. Terimaksih atas komentar dan masukan yang diberikan.